Mau Urus Izin Usaha Sendiri? Begini Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Secara Online

Mau Urus Izin Usaha Sendiri? Begini Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil Secara Online

09 December 2021, Pukul 13:59
Admin
0 Komentar

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kini dapat membuat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) secara online. Biasanya pengurusan izin usaha sangat identik dengan kerumitan dan prosesnya yang panjang. Namun, kini dengan pengurusan izin secara online, proses pengurusan izin menjadi lebih mudah. Kemudahan ini difasilitasi melalui website Online Single Submission (OSS). Bagaimana cara membuat izin usaha mikro kecil secara online ini? Artikel ini akan mengulasnya untuk anda.

 

Mengapa Harus Membuat IUMK?

IUMK ini bagi pelaku usaha memiliki berbagai manfaat. Di antaranya sebagai tanda legalitas usaha sehingga usaha anda lebih dapat dipercaya oleh pihak lain, memberikan kemudahan bagi pemilik usaha dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain karena telah memiliki legalitas yang jelas, serta melindungi lokasi usaha bagi pengembangan usaha lebih lanjut.

 

Kriteria UMKM

Adapun kriteria UMKM saat ini telah mengalami perubahan setelah munculnya Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut dengan PP UMKM. PP UMKM mengubah kriteria dari yang sebelumnya ditetapkan oleh Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UU UMKM). Berikut ini kriteria UMKM menurut UU UMKM dan PP UMKM.

Menurut UU UMKM, seluruh pelaku UMKM yang mendirikan usahanya sebelum adanya PP UMKM, maka berlaku kriteria UMKM yang diklasifikasikan berdasarkan kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (tidak termasuk tanah dan bangunan). Lebih jelasnya sebagai berikut:

  1.   1. Usaha Mikro : modal maksimal hingga Rp 2 miliyar.
  2.   2. Usaha Kecil : modal lebih dari Rp 2 miliyar hingga maksimal Rp 15 miliyar.
  3.   3. Usaha Menengah : modal lebih dari Rp 15 miliyar hingga maksimal Rp 50 miliyar.

Sedangkan menurut PP UMKM, seluruh pelaku UMKM yang mendirikan usahanya setelah adanya PP UMKM ini, maka berlaku kriteria UMKM yang diklasifikasikan berdasarkan kriteria modal usaha atau hasil penjualan tahunan. Lebih jelasnya sebagai berikut:

  1.   1. Usaha Mikro : modal maksimal hingga Rp 1 miliyar.
  2.   2. Usaha Kecil : modal lebih dari Rp 1 miliyar hingga maksimal Rp 5 miliyar.
  3.   3. Usaha Menengah : modal lebih dari Rp 5 miliyar hingga maksimal Rp 10 miliyar.

Secara mudah, perbedaan kriteria UMKM menurut UU UMKM dan PP UMKM bisa dilihat pada infografis di bawah ini:

infografis perbedaan kriteria umkm berdasarkan uu umkm dan pp umkm

 

Cara Membuat IUMK Online

Setelah anda mengetahui kriteria usaha anda, kini saatnya membuat IUMK sendiri secara online. Anda dapat mengajukan pembuatan IUMK melalui laman Online Single Submission atau OSS. sebelum mendaftar, sebaiknya Anda lihat persyaratan pembuatan surat izin usaha pada website resmi dan melengkapi persyaratan yang diminta dahulu baru mendaftar secara online. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika hendak membuat izin usaha mikro kecil secara online.

  1.   1. Akses laman www.oss.go.id/pas/
  2.   2. Pilih "Daftar" lalu isi data yang diminta
  3.   3. Salin captcha lalu pilih "Daftar"
  4.   4. Buka email registrasi yang dikirim pihak OSS secara otomatis. Pilih tombol "Aktivasi"
  5.   5. Setelah akun teraktivasi, Anda akan mendapat email kedua yang berisi kata sandi.
  6.   6. Cek email lagi, gunakan kata sandi dari email tersebut untuk masuk ke akun OSS.

 

Prosedur Pengajuan Surat IUMK

Berikut ini adalah langkah-langkah pengajuan surat izin usaha kecil atau surat izin tempat usaha yang dapat dilakukan melalui OSS.

  1. 1. Akses laman www.oss.go.id, masuk menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya.
  2. 2. Klik "Perizinan Berusaha" pilih "Perseorangan" lalu pilih "Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil"
  3. 3. Anda akan menemukan beberapa formulir. Lengkapi info data profil yang dibutuhkan pada borang lalu pilih "Simpan dan Lanjutkan"
  4. 4. Isikan data usaha dengan cara memilih menu "Tambah Usaha" lalu lengkapi data usaha dalam borang. Pilih "Simpan" lalu klik "Selanjutnya" untuk melanjutkan mengisi formulir lain atau klik "Tambah Usaha" jika Anda memiliki usaha lebih dari satu.
  5. 5. Selanjutnya isi formulir komitmen prasarana usaha. Ajukan permohonan izin lokasi dan izin lingkungan sebagai pelaku usaha kecil, lalu pilih "Selanjutnya"
  6. 6. Setelah seluruh formulir terisi, silahkan pastikan data yang dimasukkan sudah benar. Jika sudah benar, klik kotak "Disclaimer" lalu pilih "Proses NIB"
  7. 7. Selesai. Kini anda bias mencetak NIB dan Izin Usaha dengan mengakses pada menu "Output NIB dan Izin Usaha"

 

Penutup

Demikian cara membuat izin usaha mikro kecil secara online yang bisa kami sampaikan kepada anda. Dengan cara ini anda bisa mengurus perijinan usaha anda sendiri dengan mudah dan cepat. Setelah ini, anda telah memiliki legalitas atas usaha anda dan dapat gunakan sebagaimana mestinya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar