Syarat Buat Surat Izin Usaha Lengkap Tata Caranya

Syarat Buat Surat Izin Usaha Lengkap Tata Caranya

17 December 2021, Pukul 15:14
Admin
0 Komentar

Memiliki usaha adalah salah satu kebanggaan tersendiri. Namun, memiliki usaha ternyata Anda juga harus tahu syarat buat surat izin usaha.

Meski baru memiliki usaha kecil-kecilan, setidaknya Anda mengetahui syarat-syaratnya agar bisa diterapkan kelak. Jadi, apa saja syarat yang diperlukan?

 

Pentingnya Pengurusan Surat Izin Usaha

Seperti yang kita tahu, ada banyak orang yang mulai berbisnis sampingan di rumah. Mereka memanfaatkan waktu luang di sela-sela bekerja untuk sekedar mencari peluang bisnis sebagai tambahan penghasilan. Seringkali, mereka menghasilkan beberapa rupiah dengan menjual barang-barang buatan mereka kepada teman dan keluarga, atau sekedar posting di status WA dan social media. Karena mereka tidak berniat untuk membesarkan bisnis, mereka sering tidak memikirkan untuk mendapatkan izin usaha. Sehingga mereka kurang memperhatikan syarat buat surat izin usaha.

Namun, sebenarnya jika dijalankan dengan serius, usaha home industry bisa jadi tidak hanya menjadi bisnis sampingan. Ada banyak contoh wirausahawan yang memulai bisnisnya dari home industry dan telah merambah pasar regional, nasional bahkan internasional. Dengan adanya surat izin usaha ini, prosedur distribusi barang produksi anda bisa diurus dengan baik. Sehingga mengetahui syarat buat surat izin usaha ini wajib anda ketahui.

Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mengisi formulir, membayar biaya, dan Anda akan menjalankan bisnis.??? Sebagian besar daerah yang mengatur bisnis memerlukan izin usaha, misalkan untuk menampilkan produk anda di supermarket atau untuk menjangkau pasar di luar daerah anda.

Tetapi kemungkinan besar kota atau kabupaten Anda memerlukannya. Sehingga mau tidak mau, Anda perlu tahu syarat membuat surat izin usaha. Barangkali hal di atas dapat menjawab pertanyaan Anda tentang mengapa surat izin usaha itu diperlukan.

 

Syarat Buat Surat Izin Usaha

Kabar baiknya adalah cara membuat izin usaha sangatlah mudah dan murah. Anda dapat mengetahui tentang mendaftarkan bisnis rumahan Anda dengan mengunjungi situs web kota atau kabupaten Anda secara online dan mencari informasi mengenai usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Anda mungkin dapat mendaftar secara online. Sebelum mengajukan izin usaha, Anda harus memiliki nama usaha dan menentukan struktur usaha Anda. Anda mengajukan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) secara online melalui Online Single Submission (OSS).

Syarat buat surat izin usaha memang harus diketahui oleh para pelaku usaha. Hal ini dikarenakan surat tersebut berperan penting dalam pembuktian bahwa seseorang melaksanakan kegiatan usaha secara legal.

Harapannya tentu saja agar bisa menjadi sarana pemberdayaan bagi para pelaku usaha, baik di tingkat kecil maupun besar. Lantas, apa saja persyaratan yang diperlukan saat hendak mendaftarkan diri membuat surat izin? Berikut adalah syarat yang harus terpenuhi:

  1. 1. Surat pengantar dari RT atau RW yang terkait dengan lokasi usaha.
  2. 2. Fotokopi KTP penanggung jawab usaha.
  3. 3. Fotokopi Kartu Keluarga penanggung jawab usaha. Pas foto warna berukuran 4x6 sebanyak 2 lembar.
  4. 4. Formulir IUMK yang telah diisi, meliputi nama, nomor KTP, nomor telepon, alamat, kegiatan usaha, sarana usaha, dan jumlah modal usaha. Link untuk mendaftar melalui OSS : https://www.oss.go.id/oss/.
  5. 5. Pelaku usaha harus memiliki alamat e-mail yang aktif dan password yang mudah diingat.
  6. 6. Nomor telepon yang bisa dihubungi.

Bagaimana cara pembuatannya? Untuk lebih lanjutnya, Anda bisa membuat akun dan mengikuti panduan dari website di atas atau simak penjelasan tata cara membuat izin usaha home industry yang sudah admin jelaskan.

Itulah beberapa cara mudah mengetahui syarat buat surat izin usaha beserta cara pengurusannya di OSS.

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar