Ingin Tahu Berapa Biaya Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan? Simak Ulasannya!

Ingin Tahu Berapa Biaya Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan? Simak Ulasannya!

18 December 2021, Pukul 10:08
Admin
0 Komentar

Seperti yang kita tahu izin usaha di Indonesia sangat penting untuk melakukan kegiatan usaha di sektor apapun. Dengan adanya izin usaha ini, anda bias merambah pasar yang lebih luas lagi dan berpotensi meningkatkan pendapatan anda. Namun, apakah Anda sudah tahu biaya pembuatan surat izin usaha perdagangan (SIUP)?

Ada prosedur tertentu dalam mengurus izin usaha. Baik mendirikan perusahaan, memasarkan produk, atau melakukan aktivitas perdagangan. Pemerintah akan menerbitkan izin setelah suatu bidang usaha terlebih dahulu memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan. Maka dari itu ada baiknya bagi Anda para pelaku usaha pemula untuk mengetahui tentang hukum dan legalitas serta berapa biaya pembuatan SIUP itu.

 

Mengapa Mendapatkan Izin Usaha Perdagangan Itu Penting?

Memperoleh izin usaha adalah wajib bagi setiap badan usaha di Indonesia, baik itu usaha kecil dan menengah atau perusahaan skala besar. Perizinan menjadi sangat penting bagi perusahaan karena ini akan melegalkan kegiatan bisnis mereka di Indonesia.

Tanpa izin, kegiatan usaha Anda berpotensi ditutup oleh pemerintah. Maka ada baiknya, Anda juga mengalokasikan dana sebagai biaya pembuatan surat izin usaha perdagangan. Sehingga Anda dapat menjalankan bisnis dengan baik dan tenang.

 

Pentingnya Surat Izin Usaha Perdagangan Bagi UMKM?

Barangkali tidak semua pelaku usaha berpendapat bahwa memiliki SIUP adalah hal yang penting. Ada juga yang menganggapnya terlalu ribet terutama jika sudah berurusan dengan birokrasi dan perizinan di dinas terkait.

Namun, perlu dipahami bahwa mengetahui biaya pembuatan surat izin usaha perdagangan tidak hanya akan membuat Anda paham alur pendaftarannya saja. Namun, Anda juga akan menyadari bahwa surat izin tersebut akan membuat bisnis Anda menjadi lebih aman dan legal.

Memang ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, namun hal ini akan sepadan dengan bagaimana Anda mengoperasikan usaha anda kedepannya. Seperti halnya usaha sudah dalam tahap produksi dan telah melebihi waktu yang ditentukan yaitu tiga tahun. Jika hal tersebut sudah terpenuhi Anda bisa melanjutkan ke tahap prosedur aplikasi yang Anda gunakan.

 

Berapa Biaya Pembuatan SIUP?

Mengenai biaya pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan / SIUP, sebenarnya masing-masing daerah telah menetapkan sesuai Peraturan Daerah masing-masing. Anda bisa mengakses informasi melalui aplikasi pengurusan SIUP daerah.

Sebagai contoh saja, untuk wilayah DKI Jakarta tidak ada biaya pengurusan SIUP alias GRATIS, dengan durasi pengurusan izin  antara 1 - 3 hari kerja. (NB: untuk daerah lain bisa jadi ada kebijakan yang berbeda)

Namun, jika anda merasa tidak punya waktu atau bahkan tidak tahu cara mengurus sendiri perizinan, anda bisa mengurus SIUP melalui jasa pengurusan surat izin. Belakangan ini muncul beberapa biro jasa yang dapat membantu Anda mengurus pembuatan SIUP. Berdasarkan informasi terpercaya yang kami dapatkan, biaya jasa pembuatan SIUP di wilayah DKI Jakarta adalah sebagai berikut:

Jenis Usaha Jenis Layanan Biaya Lama Layanan
UKM Normal Rp 1.500.000 10 - 15 hari kerja
  Kilat Rp 2.500.000 5 - 7 hari kerja
Usaha Besar Normal Rp 3.000.000 10 - 15 hari kerja
  Kilat Rp 4.000.000 5 - 7 hari kerja
Tabel tarif jasa pembuatan SIUP di DKI Jakarta

NB: Untuk tarif jasa di daerah lain bisa jadi tidak sama

 

Apa Syarat Mengurus SIUP?

Untuk syarat umumnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah daftarnya:

  1. 1. Memiliki usaha mikro
  2. 2. WNI
  3. 3. Bukan ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI/Polri, maupun pegawai BUMN/BUMD
  4. 4. Tidak sedang memiliki pinjaman di bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR)
  5. 5. Memiliki surat usaha

Sedangkan untuk dokumen yang dibutuhkan ada beberapa Salinan yang terdiri atas:

  1. 1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. 2. Nama lengkap
  3. 3. Alamat tempat tinggal sesuai KTP
  4. 4. Bidang usaha
  5. 5. Nomor telepon

Kemudian Anda membutuhkan daftar resmi yang terdiri atas:

  1. 1. Izin Gangguan (HO) dan Izin Lokasi (SITU);
  2. 2. Daftar peralatan kantor dan peralatan industri; dan
  3. 3. Struktur organisasi perusahaan.

Apabila semua syarat sudah terpenuhi, Anda bisa mengajukan diri ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) di Kabupaten serta Kota masing-masing. Atau untuk cara yang lebih efektif lakukan pendaftaran UMKM secara online.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu dari surat izin perdagangan sekaligus berapa biaya pembuatan surat izin usaha perdagangan yang bisa Anda cek sendiri dari beberapa apliakasi yang tersedia.

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar