Bagaimana Cara Membuat Izin Usaha Home Industry? Ikuti 7 Langkah Mudah Ini!

Bagaimana Cara Membuat Izin Usaha Home Industry? Ikuti 7 Langkah Mudah Ini!

21 December 2021, Pukul 10:26
Admin
0 Komentar

Banyak orang yang menghasilkan uang dari rumah dengan memulai sedikit usaha sampingan yang belum tahu apakah mereka ingin mengubahnya menjadi bisnis besar. Sehingga kurang memperhatikan soal pengurusan izin usaha. Namun, apakah Anda sudah tahu cara membuat izin usaha home industry?

Jika belum ada baiknya Anda simak ulasan ini sampai tuntas. Karena Admin akan membahas cara sekaligus alasan mengapa izin usaha pada sebuah home industry merupakan hal penting dan harus dipahami sejak dini.

 

Persyaratan Pembuatan Surat Izin Usaha

Memenuhi persyaratan yang diperlukan tentu saja sangat penting. Ternyata syarat-syaratnya mencakup pemenuhan pemberkasan. Nah syarat pembuatan surat izin usaha itu adalah:

  1. 1. Mengisi formulir yang terdiri dari nama, nomor kartu tanda penduduk (KTP), nomor telepon, alamat, kemudian kegiatan usahanya apa, sarana yang digunakan dalam usaha, dan modal yang diperlukan dalam menjalankan usaha.
  2. 2. Surat tambahan, berupa surat pengantar dari RT atau RW lokasi usaha.

 

Cara Membuat Izin Usaha Home Industry di OSS

Bagi Anda yang belum pernah mendengar kata OSS mungkin masih dirasa asing. OSS sebenarnya merupakan salah satu cara memembuat izin usaha home industry secara online. Mirip dengan pembuatan dengan cara offline, syarat pengurusan surat izin usaha juga tidak ada yang berbeda.

Namun, sebelum Anda menggunakan cara yang satu ini pastikan sudah memasukan sejumlah data untuk tujuan pembuatan user-ID. Dimana cara pembuatannya adalah Anda tinggal memasukan nomor KTP atau NIK. Untuk lebih jelasnya, berikut caranya:

  1. 1. Login

Login adalah proses masuk ke OSS dengan menggunakan user-ID yang sudah Anda dapatkan dari proses pendaftaran tadi. Langkah-langkah membuat izin usaha home industry memang tidak berubah, hanya metodenya dilakukan secara online.

  • 2. Masuk ke Perizinan

Untuk bisa masuk ke bagian perizinan Anda jika sudah mengunjungi laman resmi OSS tinggal tekan icon Berusaha -> Perseorangan -> (memilih salah satu di antara) NIB mikro atau NIB kecil.

  • 3. Mengisi Formulir

Lakukan pengisian formulir sesuai tata cara pembuatan surat izin usaha home industry dengan persyaratan yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan Anda lengkapi sejumlah profil yang masih kosong. Jika sudah, lakukan simpan dan lanjut ke proses berikutnya.

  • 4. Melengkapi Data Usaha

Jika sudah mengisi formulir, selanjutnya Anda tinggal melegkapi data yang dibutuhkan terkait usaha yang akan didaftarkan. Jika sudah, silakan lakukan penyimpanan dan masuk ke proses berikutnya.

  • 5. Pengisian Formulir Komitmen

Pada langkah berikutnya Anda harus mengisi formulir komitmen. Cara membuat izin usaha home industry yang satu ini dikhususkan bagi para pelaku usaha kecil. Di samping itu, Anda juga bisa mengajukan rekomendasi lokasi usaha beserta lingkungannya.

  • 6. NIB

Proses berikutnya yang harus Anda jalankan yaitu di bagian NIB. Di mana Anda harus melakukan preview di bagian NIB, izin lokasi beserta lingkungannya dan juga izin usaha. Pada kotak silakan Anda berikan tanda ceklist. Lakukan proses NIB.

  • 7. Output NIB

Di sini akan ditampilkan output dari NIB. Di mana Anda akan melihat data-data yang sudah diisikan sebelumnya untuk dikoreksi terlebih dahulu. Lengkap dengan kode QR yang bisa Anda scan dari perlengkapan syarat-syarat buat surat izin usaha.

 

Penutup

Itulah cara membuat izin usaha home industryyang bisa Anda coba dengan sangat mudah dan praktis. Salah satu syarat agar usaha anda bisa naik kelas adalah dengan memiliki izin usaha yang jelas untuk membantu meningkatkan daya saing usaha dan jangkauan ke pasar yang lebih luas. Selamat mencoba!

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar