Manfaat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Bagi Pelaku UMKM

Manfaat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Bagi Pelaku UMKM

23 December 2021, Pukul 11:28
Admin
0 Komentar

Setiap pelaku UMKM difasilitasi oleh pemerintah daerah setempat untuk mengurus surat izin perdagangan bagi setiap usaha yang dijalankan. Jika Anda bertanya-tanya, apa itu izin dagang dan apa manfaat surat izin usaha perdagangan, Anda sudah tepat berada di ulasan artikel kali ini. Pada umumnya izin dagang diperlukan oleh sebuah usaha untuk melakukan berbagai kegiatannya secara legal. Untuk lebih lanjut simak ulasanya ya!

 

Apa Itu Surat Izin Usaha Perdagangan?

Surat Izin Usaha Perdagangan adalah dokumen hukum yang memberikan legitimasi kepada pelaku usaha dan memberinya kemampuan untuk melakukan tindakan tertentu di negara tempat izin perdagangan diberikan. Secara mudahnya SIUP adalah surat izin yang diberikan kepada pelaku atau badan usaha untuk melakukan kegiatan perdagangan.

Hal ini juga senada dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Permendag RI) Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 Tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (Permendag 36/2007), Surat Ijin Usaha Perdagangan adalah Surat Ijin bagi pelaku usaha untuk melaksanakan kegiatan usaha perdagangan, yang selanjutnya disebut SIUP.

Surat Izin perdagangan diberikan oleh Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), yang merupakan entitas resmi yang mengkhususkan diri dalam memberikan bisnis dengan wewenang untuk melakukan aktivitas tertentu.

 

Kapan Seseorang Harus Mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan?

Jika Anda berencana untuk memulai sebuah usaha, sebaiknya Anda mengurus izin usaha perdagangan terlebih dahulu. Ini akan menjadi payung hukum bagi aktivitas usaha anda sebelum mulai beroperasi.

Surat izin usaha perdagangan bertindak sebagai jenis slip izin yang memberi Anda kemampuan untuk melakukan proses operasional Anda. Ini juga yang merupakan manfaat surat izin usaha perdagangan. Di mana Anda akan jauh lebih mudah untuk menjalankan usaha.

Anda harus mengurus dan mendapatkan SIUP setidaknya tiga bulan sebelumnya, yaitu sebelum Anda memulai aktivitas usaha Anda.

 

Fungsi SIUP Bagi Pengusaha

Dengan memperhatikan pengertian Surat Ijin Usaha Perdaganan (SIUP) di atas, maka secara umum fungsi dari kepemilikan SIUP bagi pelaku usaha adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai alat legitimasi dari pemerintah bagi sebuah badan atau pelaku usaha, dengan demikian segala kegiatan usaha dapat dilakukan sesuai dengan SIUP
  2. Sebagai persyaratan untuk mengikuti proses lelang atau tender yang diselenggarakan instansi pemerintah
  3. Bagi usaha yang telah menjangkau pasar luar negeri, ekspor dan import dapat berjalan dengan lancar bila pelaku usaha telah memiliki SIUP

 

Manfaat SIUP Bagi Pemilik Usaha

Berdasarkan pengertian SIUP di atas, maka manfaat memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) bagi pelaku usaha antara lain adalah:

1. Mendapat Pengakuan Pemerintah

Sebuah usaha yang diakui pemerintah secara penuh, maka usaha yang dijalankannya akan mendapatkan perlindungan hukum. Adanya perlindungan ini bertujuan agar usaha yang dijalankan terbebas dari penertiban liar. Selain itu, jika dikemudian hari terjadi persengketaan, maka SIUP dapat dijadikan sebagai bukti legalitasnya.

2. Mudah Mengikuti Lelang & Tender

SIUP juga termasuk dibutuhkan saat mengikuti lelang atau tender pengadaan barang dan jasa dari instansi pemerintah.

3. Mudah Mengurus Izin Ekspor & Impor

Bagi pelaku ekspor-impor wajib memiliki SIUP karena menjadi syarat wajib bagi setiap pelaku usaha.

4. Lebih Kredibel Di Mata Konsumen

Dengan memmiliki SIUP, artinya usaha anda telah mendapat pengakuan dari pemerintah. Ini berarti bahwa usaha anda memiliki kredibilitas yang terpercaya di mata pemerintah. Dengan kredibilitas yang dimiliki inilah maka dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

 

Penutup

Dengan memahami manfaat surai izin usaha perdagangan ternyata banyak hal yang dapat digunakan untuk menaikkan peluang perluasan pasar barang dan jasa anda. Dengan demikian, kini anda dapat menentukan strategi meningkatkan skala usaha anda dan mendapatkan keuntungan bagi usaha yang sedang anda jalankan. Semoga Bermanfaat.

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar