Cara Mengurus Izin Usaha Kecil Mudah dan Cepat

Cara Mengurus Izin Usaha Kecil Mudah dan Cepat

05 January 2022, Pukul 15:49
Admin
0 Komentar

Seperti yang sudah kita ketahui, jumlah pengusaha di negara Indonesia sangat beragam. Mulai dari yang usaha kelas atas sampai usaha kecil. Bagi Anda yang baru memulai usaha, ternyata ada cara mengurus izin usaha kecil.

Sudah pasti dalam menjalankan usaha Anda harus mempunyai izin penyelenggaraan dari pemerintah. Hal ini sebagai bukti bahwa usaha yang Anda jalankan bersifat legal. Maka dari itu, kami akan jelaskan tata cara mengurus surat izin usaha kecil atau mikro di bawah ini.

 

 

Langkah-langkah Mengurus Izin Usaha Kecil

Siapa pun orangnya besar kemungkinan tidak ingin usaha yang dijalankannya tidak terlindungi, bukan? Anda yang ingin usahanya terlindungi sudah pasti wajib tahu cara mengurus usaha kecil.

Hal ini sangat berguna dalam melindungi kegiatan ekonomi Anda secara keseluruhan yang bersumber dari usaha kecil tersebut. Namun ada beberapa cara yang harus Anda perhatikan sebelum terjun lebih dalam. Apa saja langkah dan cara mengurus izin usaha kecil?

 

A. Menyiapkan Berkas-Berkas Pengajuan

Ingin mempunyai surat izin usaha? Anda harus siapkan terlebih dahulu berkas-berkasnya. Di antara berkas-berkas tersebut yaitu dengan melampirkan data atau berkas pengajuan. Jadi Anda tidak langsung dapat suratnya. Maka wajib tahu cara mengurus izin usaha kecil.

Salah satu proses pengajuannya yaitu dengan melampirkan berkas-berkas yang sudah ditentukan. Di antara berkas persyaratan izin yang diperlukan seperti halnya:

  1. 1. Surat pengantar dari RT atau RW lokasi usaha Anda berada
  2. 2. Fotocopy KTP
  3. 3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. 4. Pas foto 4x6 cm 2 lembar

 

B. Pengecekan Berkas-Berkas

Jika Anda sudah menyiapkan semua berkas yang diperlukan, langkah selanjutnya yaitu memastikan bahwa segala berkasnya sudah lengkap. Cara mengurus izin usaha kecil selanjutnya yaitu dengan menyerahkan seluruh berkas ke kantor kecamatan setempat.

Sampai di sini nantinya berkas-berkas Anda akan dicek kembali oleh petugas dan mulai dianalisis. Namun sebelum itu perlu Anda ketahui pula bahwa camat yang mengurus surat izin usaha juga merupakan mereka yang sudah punya surat delegasi IUMK.

Dengan kata lain Anda harus tahu terlebih dahulu apakah sang camat sudah memiliki kewenangan dalam menyetujui IUMK yang berasal dari bupati atau walikota belum. Jika sudah, Anda bisa masuk ke cara mengurus izin usaha kecil berikutnya.

 

C. Penerbitan Surat Izin Usaha Mikro atau Kecil

Inilah yang dinantikan sebagian besar calon pengusaha kecil, mendapat surat izin. Jika semua berkas yang dilampirkan sudah terbukti benar, maka proses selanjutnya adalah mendapatkan IUMK.

Anda akan mendapatkan versi cetak dari IUMK. Tentu saja cara mengurus izin usaha kecil diketahui tanpa ada yang sia-sia. Anda sejumlah keuntungan yang bisa Anda dapat jika sudah memiliki surat izin secara resmi.

  1. 1. Usaha atauu Bisnis berjalan maksimal
  2. 2. Memperoleh perlindungan hukum dari pemerintah atau pihak berwenang
  3. 3. Adanya kemungkinan meraih tambahan modal jika kekurangan modal yang bersumber dari system pinjaman sehat
  4. 4. Bagi yang masih awam dalam bidang usaha berpeluang mendapat bimbingan atau pendampingan
  5. 5. Jasa atau barang yang diperdagangkan memperoleh jaminan secara hokum yang berlaku
  6. 6. Memotivasi para pelaku bisnis kecil lainnya untuk segera mengurus surat izin usaha
  7. 7. Segala bentuk operasional yang berkaitan dengan usaha berjalan secara maksimal.

 

Penutup

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika segera mengurus surat izin usaha. Ya meskipun usaha yang dijalankan masih kecil, tidak menjadi masalah dan lama kelamaan akan bertumbuh besar kan? Mudah sekali cara mengurus izin usaha kecil.

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar