Masa Berlaku Surat Izin Usaha Perdagangan Benarkah Bisa Diperpanjang?

Masa Berlaku Surat Izin Usaha Perdagangan Benarkah Bisa Diperpanjang?

19 January 2022, Pukul 10:32
Admin
0 Komentar

Menjadi seorang pengusaha memang sudah menjadi risikonya mengalami keribetan. Salah satunya adalah mengetahui masa berlaku surat izin usaha perdagangan jika Anda seorang pelaku usaha dagang.

Khusus Anda yang tidak suka bekerja dengan cara diperintah, sejatinya menjadi pengusaha adalah jalan ninjanya. Selain diwajibkan memiliki surat izin usaha, mengetahui sampai kapan masa aktifnya adalah sesuatu yang penting.

 

Kapan Berakhirnya Masa Berlaku Surat Izin Usaha Perdagangan?

Jika Anda ingin membuat surat izin usaha dagang maka jelas saja harus tahu terlebih dahulu sampai kapan masa berlaku surat izin usaha perdagangan tersebut. Tidak lain dan tidak bukan adalah guna antisipasi masa aktifnya habis saat usaha sedang berlangsung.

Maka dari itu, kami akan bahas satu persatu dalam artikel di bawah ini terutama bagi Anda para pelaku usaha dagang baik yang berskala kecil maupun besar.

 

Masa Berlaku Surat Izin Usaha Perdagangan Perusahaan Besar Sampai Kapan?

Menjadi seorang pengusaha jika ingin sukses memang harus memperhatikan secara detail apa saja yang sebaiknya dilakukan. Maka dari itu, terkait dengan dokumen juga harus diperhatikan. Termasuk mengetahui masa berlaku surat izin usaha perdagangan skala besar.

Dalam kurun waktu dari tahun ke tahun jelas saja harus dipantau. Bukan hanya surat izin usaha perdagangan saja, melainkan juga termasuk surat keterangan perusahaan yang Anda bangun berdomisili di mana dan juga tanda daftar perusahaannya apa.

Hanya ada satu hal yang perlu digaris bawahi Anda harus tahu telah terjadi perubahan sejak 2018 lalu di mana hadirnya OSS sangat mendominasi. Karena hal ini banyak sekali perubahan yang terjadi dan sangat berkaitan erat dengan masa berlaku surat izin usaha perdagangan.

Banyak perubahan yang sudah terjadi, mulai dari persyaratan yang harus disertakan, cara mengajukan berkas-berkasnya, sampai ketentuan sampai kapan masa berlaku surat izinnya pun diberi tahu.

Bagi para pelaku usaha perdagngan di kelas atas harus tahu kalau masa berlakunya surat izin perdagangan selama 5 tahun. Dan dalam masa 5 tahun tersebut jika masa berlaku surat izin usaha perdagangan habis maka Anda tidak bisa memperpanjangnya.

Hal ini sesuai dengan pasal 7 ayat 2 dari Permendag No 36 Tahun 2007 yang menyatakan bahwa surat izin perdagangan berlaku selama 5 tahun. Adapun misalkan masa berlakunya habis maka pemilik usaha wajib mendaftar ulang.

 

Masa Berlaku Surat Izin Usaha Perdagangan UMKM

Bukan hanya para pelaku usaha kelas atas saja yang meraih perhatian besar dari pemerintah, para pelaku usaha UMKM juga mendapat perhatian khusus tentang usaha yang mereka jalankan. Tidak beda, masa berlaku surat izin usaha perdagangan UMKM hanya sampai 5 tahun saja.

Maka otomatis jika Anda tidak melakukan pendaftaran ulang usaha yang sebelumnya terdaftar tidak akan terdaftar. Adapun yang termasuk dalam usaha UMKM merupakan usaha yang dibuat dari dana kisaran 50 juta sampai 500 juta.

Terkait dengan pembuatan surat izinnya masih tidak berbeda jauh dengan jenis surat izin lainnya. Di mana yang pasti hanya berbeda nama dan terkadang masih ada sejumlah perbedaan dalam hal persyaratan, Seperti misalnya masa berlaku surat izin usaha perdagangan makananan.

 

Penutup

Pada proses pemberlakuannya Anda harus melewati tahap yang lumayan panjang. Bahkan kisaran waktunya diprediksi bisa mencapai 3 bulan lebih. Bagaimana? Sekarang Anda jadi tahu kan masa berlaku surat izin usaha perdagangan berskala kecil maupun besar?

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar