Cara Membuat Surat Izin Usaha Rumahan Lengkap dengan Persyaratannya

Cara Membuat Surat Izin Usaha Rumahan Lengkap dengan Persyaratannya

24 January 2022, Pukul 13:18
Admin
0 Komentar

Pandemi bisa dijadikan sebagai salah satu moment banting stir bagi para pengusaha. Banyak bermunculan pengusaha rumahan, wajar banyak yang cari cara membuat surat izin usaha rumahan.

Mengingat akan hal ini bisa dijadikan tanda bahwa jumlah pengusaha yang ada di Indonesia kian menjamur. Tanpa terkecuali para remaja hingga orang dewasa. Namun semakin besarnya sebuah usaha tentu diperlukan yang namanya surat izin.

 

Kenapa Perlu Membuat Surat Izin Usaha Rumahan Dengan Mudah dan Simple?

Meningkatnya jumlah pengusaha rumahan tidak menutup kemungkinan bebas dilakukan oleh siapa saja. Hal ini termasuk cara ibu rumah tangga yang juga giat menjalankan usaha ini. Cara membuat surat izin usaha rumahan bagi ibu rumah tangga kebanyakan ingin yang simple.

Selain karena sudah dipusingkan dengan segala keperluan rumah tangga dan mengurus anak, mereka juga inginnya cepat dan prosesnya tidak ribet. Maka dari itu, kami sajikan beberapa langkah efisien bagi para pengusaha rumahan yang dijalankan secara online.

 

Cara Membuat Surat Izin Usaha Rumahan Dengan Mudah

Surat izin usaha merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah usaha. Sekalipun usaha yang Anda jalankan masih berskala kecil bukan berarti hal ini dianggap tidak penting. Maka ketahuilah terlebih dahulu cara membuat surat izin usaha rumahan.

Kepemilikan sertifikat produksi untuk usaha rumahan memang penting. Hal ini sudah sangat sesuai dengan yang disebutkan dalam Peraturan BPOM No. 22 Tahun 2018 di mana undang-undang tersebut pedoman dalam pemberian sertifikat produksi industri rumahan.

Tidak berbeda jauh dengan surat izin usaha yang lain, fungsi dalam surat izin usaha rumahan ini juga mencakup kemungkinan bukti resmi dari sebuah produk yang Anda jual. Maka dari itu di bawah ini akan kami jabarkan cara membuat surat izin usaha rumahan.

 

Menyiapkan Persyaratan Membuat Surat Izin Usaha Rumahan

Langkah paling awal sebelum daftar untuk mendapatkan surat izin usaha Anda harus menyiapkan berkas seperti halnya:

  1. 1. fotokopi KTP,
  2. 2. pas foto 3x4 sebanyak 3 lembar,
  3. 3. surat keterangan domisili, serta
  4. 4. denah bangunan.

Di samping itu, cara membuat surat izin usaha rumahan berikutnya yaitu dengan melengkapi sejumlah syarat lainnya.

Syarat yang tak boleh ketinggalan yaitu surat keterangan dokter, surat permohonan produksi dari Dinas setempat, rincian barang produksi, contoh barang produksi, hasil laboratorium, ikut penyuluhan.

Itu jika Anda memilih usaha di bidang pangan ala rumahan, ya! Namun kebanyakan usaha yang dijalankan secara rumahan memang berupa makanan sehingga harus mengikuti aturan cara membuat surat izin usaha rumahan.

 

Proses Pembuatan Surat Izin Usaha Rumahan
  • 1. Persiapan seluruh berkas yang diperlukan, pastikan lengkap.
  • 2. Pengajuan tertulis pada Dinas Kesehatan setempat
  • 3. Mengikuti sesi penyuluhan mengenai keamanan produk makanan atau minuman yang diproduksi sebab hal ini sebagai salah satu syarat wajib
  • 4. Pengesahan permohonan izin
  • 5. Pembayaran biaya sertifikat surat izin usaha
  • 6. Surat izin usaha di rumahan sudah jadi dan siap diambil

 

Berapa Lama Proses Pembuatan Surat Izin Usaha Rumahan?

Cara-cara di atas sudah mewakili secara lengkap apa yang Anda butuhkan agar memperoleh izin dalam usaha sehingga terbilang legal. Perlu Anda ketahui, proses pembuatan sertifikat ini Anda harus sabar.

Mengapa? Alasannya tentu saja proses pengurusan surat izin usaha rumahan bisa memakan waktu hingga 3 bulan lamanya. Maka dari itu sebelum Anda terjun ke dunia UMKM sebaiknya tahu lebih dulu cara membuat surat izin usaha rumahan agar ada gambaran selama jauh-jauh hari.

    Share Artikel Ini :

Komentar

image

17 October 2022, 11:29

Tinggalkan Komentar