Beda SITU dan Surat Izin Gangguan Adalah apa?

Beda SITU dan Surat Izin Gangguan Adalah apa?

09 February 2022, Pukul 13:21
Admin
0 Komentar

Usaha merupakan kegiatan yang diartikan sebagai memperoleh jumlah pemasukan di dalam bidang ekonomi. Kita tidak tahu apakah usaha yang dibangun mengganggu atau tidak. Maka di sini surat izin gangguan adalah apa berperan. Di mana para pelaku usaha baik yang tingkat kecil hingga usaha besar wajib memilikinya. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapat dari surat izin tersebut. Namun sebelum itu wajib diketahui lebih dulu apa maknanya.

    Anda yang baru terjun ke bidang usaha kemungkinan terbesarnya pernah mendengar nama SITU. Tetapi, tidak menutup kemungkinan pernah mendengar nama surat izin gangguan juga. Jadi, baik situ atau surat izin gangguan adalah mempunyai makna sendiri. Karena memiliki makna sendiri sudah jelas berbeda, ya? Maka dari itu, ada baiknya kita kenalan satu persatu dengan pengertian secara dasarnya terlebih dahulu.

    Surat Izin Gangguan Adalah

    Untuk memudahkan pengenalan surat izin gangguan adalah sebuah surat yang diperoleh dari pemerintah kota setempat serta menjadi sebuah kewajiban yang dimiliki oleh setiap pelaku usaha. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya gangguan, bahaya, sampai kerugian. Surat izin gangguan juga biasa disebut dengan nama HO atau Hinder Ordonanntie. Di dalam surat izin yang satu ini ada ragam bentu gangguan yang telah digambarkan. Seperti halnya gangguan keramaian, suara yang bising, bau tidak sedap, dan lainnya. Jadi sudah tahu surat izin gangguan adalah apa kan? Jika sudah tahu, kini Anda juga harus tahu kalau surat ini sebenarnya sudah melekat pada suatu usaha yang dijalankan seseorang. Dengan kata lain jika orang mempunyai lebih dari 1 usaha bisa jadi ia punya lebih dari 1 HO.

    HO Dikeluarkan Oleh Siapa?

    Inilah pertanyaan yang sering kali membuat bingung banyak calon pengusaha lantaran tidak tahu harus minta surat gangguan ke siapa. Jadi, surat izin gangguan sebenarnya dikeluarkan oleh pihak pemerintah. Hal ini sesuai yang tertuang dalam UU no. 226 tentang gangguan yang diterbitkan pada tahun 1926. Di mana tujuan diterbitkannya surat izin gangguan adalah untuk melindungi masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar badan usaha tersebut berdiri.

    Beda SITU dan HO Itu Apa?

    Seperti yang sudah kami bocorkan di atas bawah SITU dan HO merupakan dua hal yang berbeda. Jelas tidak sama. Maka dari itu perbedaanya bisa Anda kenali agar tidak sampai salah memiliki keduanya. SITU atau Surat Izin Tempat Usaha adalah surat yang dikeluarkan sebagai perizinan untuk pelaku usaha yang tidak menimbulkan gangguan bagi lingkungan sekitar. Sementara surat izin gangguan adalah izin yang dikeluarkan pada usaha yang berpotensi menimbulkan gangguan. Di samping itu, terdapat perbedaan terhadap orang yang mengeluarkannya. Surat izin gangguan dikeluarkan oleh pemerintah kota atau kabupaten. Terkait dengan biaya biasanya aka nada biaya tambahan untuk pengurusan surat izin yang didasarkan oleh luas wilayah usahanya.

    Terkait manfaatnya sudah pasti bisa diketahui melalui pengertiannya, ya! Jika surat izin tempat usaha atau SITU sangat berguna untuk izin lokasi yang tidak berpotensi gangguan, kalau surat izin gangguan adalah izin yang dikeluarkan untuk usaha yang berpotensi gangguan. Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai SITU dan surat izin gangguan beserta orang yang mengeluarkannya. Pastinya beda suart beda pula ketentuannya, dong? Sekarang sudah tahu surat izin gangguan adalah apa ya?

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar