Cari Tahu Pengertian Dan Strategi Pemasaran Digital Menurut Para Ahli

Cari Tahu Pengertian Dan Strategi Pemasaran Digital Menurut Para Ahli

16 November 2021, Pukul 10:45
Admin
0 Komentar

Berkembangnya teknologi melahirkan pemasaran digital yang mempermudah seseorang dalam mengelola bisnis. Oleh karena itu, para pebisnis harus memahami apa itu pemasaran digital menurut para ahli beserta strateginya.

 

Pengertian Pemasaran Digital Menurut Para Ahli

Sebelum melangkah lebih jauh tentang pemasaran digital maka sebaiknya mengenal terlebih dahulu pengertiannya. Ulasan berikut akan memaparkan beberapa pendapat ahli mengenai definisi dari pemasaran digital.

1. Urban (2004)

Pemasaran digital menurut para ahli yang pertama bernama Urban adalah kegiatan pemasaran yang memanfaatkan teknologi dan internet untuk memperluas pemasaran tradisional. Selain itu, untuk meningkatkan fungsi dari pemasaran secara tradisional.

2. Coviello, Milley Dan Marcolun (2001)

Pendapat ketiga tokoh ini lebih spesifik daripada pendapat Urban. Pemasaran digital merupakan pemanfaatan internet dan teknologi interaktif yang lain guna melahirkan serta menghubungkan komunikasi antara konsumen spesifik dan perusahaan.

3. American Marketing Association

Pemasaran digital menurut para ahli berikutnya dari American Marketing Association adalah sebuah institusi, aktivitas dan proses yang menggunakan teknologi digital. Tujuannya guna menciptakan, memberikan nilai lebih dan mengkomunikasikannya kepada konsumen dan pihak lain yang berkepentingan.

4. Chaffey (2009)

Kegiatan yang berguna untuk mencapai tujuan pemasaran dan prosesnya memerlukan bantuan teknologi digital. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan konsumen sesuai dengan kebutuhannya.

5. Ridwan Sanjaya Dan Josua Tarigan (2009)

Pemasaran digital menurut para ahli ini adalah kegiatan pemasaran yang memanfaatkan berbagai media. Misalnya website, media sosial, blog, email dan AdWords.

 

Manajemen Pemasaran Yang Baik Di Era Digital Menurut Para Ahli

Manajemen pemasaran merupakan proses untuk menentukan tujuan pemasaran. Selain itu, untuk menganalisa proses pemasaran dan menjalankan rencana sesuai tujuan pemasaran di perusahaan.

Di era yang serba canggih ini manajemen pemasaran digital menurut para ahli menerapkan beberapa konsep. Konsep tersebut antara lain adalah:

  1. 1. manajemen produksi,
  2. 2. konsep produk,
  3. 3. konsep penjualan,
  4. 4. konsep pemasaran, dan
  5. 5. konsep sosial,

 

Komunikasi Pemasaran Digital Menurut Para Ahli

Komunikasi pemasaran saat ini muncul sebagai bentuk komunikasi yang jauh lebih kompleks. Dengan demikian, para ahli memaparkan pemasaran sebagai semua elemen promosi yang melibatkan komunikasi antara target pasar dengan organisasi.

Tujuan komunikasi dalam pemasaran digital menurut para ahli yaitu untuk membuat pemasaran semakin meningkat tajam. Apalagi di era digital ini bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi yang mudah dan cepat.

 

Strategi Pemasaran Digital Menurut Para Ahli

strategi
Source: freepik.com

Di zaman digital ini bisa menerapkan banyak strategi pemasaran. Salah satunya dengan melakukan teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam pemasaran untuk meningkatkan pengunjung website. Selain itu, bisa menggunakan teknik pemasaran konten.

Contoh cara pemasaran digital ini misalnya dengan memposting konten di blog. Penampilan di blog akan semakin menarik jika pelaku bisnis menambahkan gambar atau video promosi.

Tidak sedikit orang yang masih menggunakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial dan email. Misalnya dengan membuat iklan yang disebarluaskan melalui akun facebook, youtube, instagram dan pinterest.

 

Indikator Pemasaran Digital Menurut Para Ahli

Seorang pebisnis yang sukses dalam pemasaran digital menurut para ahli adalah mampu menyajikan konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat. Pemilihan media yang tepat akan berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran digital.

Salah satu indikatornya bisa dilihat dari kemampuan mempengaruhi konsumen. Apabila berhasil mendapatkan kepercayaan konsumen maka berpeluang besar konsumen menggunakan produk-produk yang ditawarkan.

 

Kesimpulan

Pemasaran digital menurut para ahli di atas semakin memperjelas pemahaman tentang pengertian dan aplikasinya di dunia bisnis. Dengan mempelajarinya diharapkan bisa memperluas wawasan mengenai pemasaran digital.

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar