Mengenal Apa Itu Omset Usaha Serta Perbedaannya Dengan Profit

Mengenal Apa Itu Omset Usaha Serta Perbedaannya Dengan Profit

22 November 2021, Pukul 14:42
Admin
0 Komentar

Barangkali masih banyak di antara kita yang bingung soal apa itu omset usaha. Terutama mereka yang baru saja memulai suatu usaha. Tentu saja, mengetahui omset usaha dan bagaimana pengaruhnya pada bisnis Anda adalah suatu hal yang penting.

Karena pada dasarnya omset dan juga laba (profit) yang Anda dapatkan akan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda nantinya. Itulah sebabnya mengapa banyak pelaku usaha yang menggunakan jasa profesional untuk menangani hal ini.

Nah, untuk Anda yang masih pemula dan baru dalam dunia usaha, tenang saja, Admin akan membahasnya secara detail menggunakan bahasa sederhana sehingga Anda akan jauh lebih mudah memahami.

 

Apa Itu Omset Usaha?

Sebelum masuk pada topik yang lebih mendalam, ada baiknya kita perlu tahu terlebih dahulu definisi sederhana dari omset itu sendiri dan bagaimana kaitannya dengan kesehatan usaha Anda nantinya. Memahami seberapa baik kinerja bisnis Anda memang membutuhkan waktu dan strategi tersendiri. Tetapi, omset bisnis adalah salah satu parameter yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apakah progress usaha Anda berjalan dengan baik atau tidak. Selain itu, banyak yang salah mengartikan omset keuntungan. Padahal sebenarnya kedua hal tersebut memiliki arti dan dampak yang berbeda pada dunia bisnis. Sehingga penting bagi Anda untuk memahami keduanya dengan jelas.

Lalu apa itu omset usaha? Omset adalah total penjualan yang dilakukan oleh suatu bisnis dalam periode tertentu. Kadang-kadang disebut sebagai pendapatan kotor atau penjualan bersih. Hal ini berbeda dengan laba, yang merupakan jumlah keuntungan. Lebih lanjut akan dijelaskan nanti.

Dengan mengetahui angka omset, hal ini akan berguna bagi kelangsungan usaha Anda. Mulai dari merencanakan dan mengamankan investasi, mengukur kinerja, hingga menilai pekembangan usaha Anda. Selain itu, dalam konsep akuntansi, omset juga bisa digunakan untuk mengukur seberapa cepat usaha Anda dari segi operasional penjualannya. Atau lebih sederhananya, Anda akan tahu berapa besar pendapatan usaha Anda dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah, baik tunai, piutang maupun dengan sistem penjualan lainnya. Hal ini dapat dilihat pada penjualan setiap bulan maupun tahun tertentu.

Semakin besar penjualan pada usaha Anda, semakin besar juga pemasukannya, maka akan semakin besar pula nilai omset usaha anda. Jadi, bagaimana? Apakah kini Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang apa itu omset usaha? Jika masih kurang jelas, anda bisa membaca artikel Contoh Perhitungan Omset UMKM.

 

Perbedaan Omset dan Profit

Setelah mengenal tentang omset, barang kali Anda akan bertanya-tanya apa perbedaan antara omset dengan profit. Apakah keduanya saling berkaitan atau memiliki peran masing-masing dalam dunia bisnis? Apa itu omset dan profit? Simak sampai tuntas penjelasan berikut ini.

Perbedaan
Ilustrasi Perbedaan Omset Dengan Profit

Selain mengetahui pengertian omset,Anda juga perlu tahu apa itu profit. Karena keduanya saling berkaitan dan tidak akan lepas dari dunia bisnis. Sederhanannya, omset adalah total pendapatan bisnis Anda selama periode waktu tertentu yang Anda dapatkan dari usaha anda (atau disebut juga penjualan bersih). Sedangkan profit adalah penghasilan Anda yang tersisa setelah omset dikurangi dengan biaya-biaya lainnya; seperti biaya produksi, biaya marketing, dan biaya operasional usaha (gaji karyawan, pajak, listrik, air, dll). Itulah perbedaan antara omset dan profit yang perlu diketahui oleh semua pelaku usaha.

Perlu dipahami bahwa ada dua macam laba (profit) yang masing-masing memiliki perbedaan pengertian dan cara perhitungannya.

1. Laba kotor adalah omset dikurangi biaya barang atau jasa (harga pokok produksi / HPP) yang Anda jual. Atau biasa disebut margin penjualan.

Cara
Ilustrasi Cara Perhitungan Laba Kotor

2. laba bersih adalah angka yang tersisa selama periode tertentu setelah dikurangi semua biaya seperti biaya operasional, administrasi dan pajak.

Cara
Ilustrasi Cara Perhitungan Laba Bersih

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat diagram di bawah ini.

 

Cara Menghitung Omset Usaha Kecil

Berikutnya adalah bagaimana cara menghitung omset usaha anda? Sebenarnya cara menghitung omset cukup mudah, yaitu dengan menjumlahkan seluruh pendapatan usaha anda dalam satu periode, bisa bulanan maupun tahunan.

1. Cara Menghitung Omset Bulanan Usaha

Misalkan sebuah usaha toko alat tulis kantor (ATK) memiliki data penjualan dalam 1 bulan sebagai berikut:

Contoh
Tabel Data Penjualan Dalam 1 Bulan

maka cara menghitung omset bulanan adalah dengan mengalikan harga / pcs dengan jumlah penjualan dalam 1 bulan untuk masing-masing barang. Selanjutnya tinggal menjumlahkan keseluruhan pendapatan tiap barang dalam satu bulan, maka didapatkan nilai omset dalam satu bulan.

Omset = Jumlah Penjualan x Harga Satuan Penjualan

Cara
Tabel Cara Menghitung Omset Bulanan
Cara Menghitung Omset Tahunan Usaha

Jika perhitungan omset bulanan sudah dilakukan maka untuk menghtiung omset tahunan cukup mudah. Cukup dengan menjumlahkan semua omset bulanan dari bulan januari hingga bulan desember di tahun yang sama.

Perhitungan omset tahunan bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

cara
Tabel Cara Menghitung Omset Tahunan

Itulah cara menghitung nilai omset bulanan dan tahunan dari sebuah usaha.

 

Penutup

Pada umumnya, setelah Anda tahu apa itu omset usaha,Anda bisa menentukan perhitungan omset secara sederhana. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan pada perusahaan besar dengan arus perputaran uang dan jumlah penjualan yang banyak, pada bisnis besar terdapat lebih banyak lagi parameter dan perhitungan yang perlu dilibatkan.

Anda dapat melihat rumus standar dalam perhitungan omset, namun tetap memperhatikan perputaran / arus kas usaha Anda. Karena yang lebih tahu apakah usaha anda itu berjalan dengan baik secara sistemik maupun kultural adalah Anda sendiri. Karena omset yang tinggi tidak selamanya menunjukkan besarnya keuntungan yang didapatkan. Omset hanya salah satu parameter perkembangan usaha anda. Itulah sedikit ulasan mengenai apa itu omset usaha. Semoga membantu!

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar