Begini Contoh Perhitungan Omset Pada Bisnis Kecil

Begini Contoh Perhitungan Omset Pada Bisnis Kecil

25 November 2021, Pukul 15:16
Admin
0 Komentar

Jika Anda adalah seorang pebisnis baik itu pada perusahaan besar maupun bisnis mikro, Anda perlu tahu bagaimana contoh perhitungan omset yang tepat. Tingkat perhitungan omset merupakan salah satu indikator dari kesuksesan penjualan usaha Anda.

Ini memberikan penilaian komprehensif tentang budaya perusahaan Anda, upaya perekrutan, dan merek perusahaan Anda. Melacak hal ini sangat penting untuk mengatasi kemunduran besar pada bisnis Anda.

 

Apa itu Perhitungan Omset?

Perhitungan omset usaha adalah suatu aktivitas dalam rangka mengetahui kemajuan penjualan barang atau jasa dari sebuah usaha. Perhitungan omset ini sangat penting untuk mengetahui tren penjualan dalam 1 bulan, 1 kuartal, maupun tahunan periode usaha. Dengan ini anda dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja usaha anda, strategi penjualan apa yang perlu diganti dan strategi penjualan apa yang perlu ditingkatkan.

Hal terpenting dari perhitungan omset adalah bahwa besaran omset tidak selalu berbanding lurus dengan keuntungan / profit. Terkadang ada satu jenis usaha yang memiliki omset lebih tinggi dari pada jenis usaha lain tetapi justru profitnya lebih rendah. Oleh karena itu, kurang tepat jika mengukur perkembangan usaha hanya dengan parameter omset saja. Diperlukan parameter lain untuk mengukur keberhasilan usaha, salah satunya adalah profit.

 

Contoh Perhitungan Omset

Yang berikutnya adalah bagaimana cara menghitung omset usaha anda dalam satu periode tertentu? Sebenarnya cara perhitungan ini sangat mudah, anda bisa mencatat pemasukan harian usaha anda secara rutin dan menjumlahkannya untuk periode tertentu misalnya periode mingguan, bulanan maupun tahunan. Cara perhitungan ini tergolong cara mudahnya, namun kurang baik dari segi pelaporan dan validitas laporan keuangannya, manakala harus ada retur barang atau pemberian ganti rugi barang kepada konsumen. Cara seperti itu tidak direkomendasikan untuk anda yang ingin usahanya lebih berkembang lagi.

Cara Perhitungan Omset Usaha Bulanan

Misalkan sebuah usaha toko alat tulis perkantoran (ATK) memiliki data penjualan barang dalam 1 maka cara perhitungan omset bulanannya adalah dengan mengalikan harga satuan barang dengan banyaknya penjualan dalam 1 bulan untuk masing-masing barang. Kemudian anda hanya perlu menjumlahkan semua pendapatan masing-masing barang dalam satu bulan, maka akan didapatkan nilai omset usaha anda dalam satu bulan.

Omset = jumlah penjualan x harga satuan barang ata jasa

cara
Ilustrasi Perhitungan Omset Bulanan
Cara Menghitung Omset Tahunan Usaha

Jika perhitungan omset bulanan sudah dilakukan maka untuk menghtiung omset tahunan cukup mudah. Cukup dengan menjumlahkan semua omset bulanan dari bulan januari hingga bulan desember di tahun yang sama.

Perhitungan omset tahunan bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

cara
Ilustrasi Perhitungan Omset Tahunan

Itulah contoh perhitungan omset bulanan dan tahunan dari sebuah usaha.

 

Contoh Perhitungan Profit

Sebelum melakukan perhitungan profit, perlu anda ketahui bahwa ada 2 macam profit dalam sebuah usaha, yaitu Gross Profit (Laba Kotor) dan Net Profit (Laba Bersih). Keduanya memiliki cara perhitungan yang berbeda. Berikut ini contohnya

Contoh Perhitungan Gross Profit

Secara sederhana Gross Profit (Laba Kotor) dapat dihitung dengan formula :

Laba Kotor = Omset - HPP

Yaitu jumlah omset / pendapatan usaha dalam satu periode dikurangi dengan Harga Pokok Produksi (yaitu seluruh biaya yang timbul selama proses produksi barang/jasa)

Contoh Perhitungan Net Profit

Sedangkan laba bersih dihitung dari laba kotor setelah dipotong oleh biaya-biaya lain semisal biaya operasional dan non-operasional (yang disebut sebagai beban usaha):

Laba Bersih = Laba Kotor - Beban Usaha

Untuk lebih jelasnya contoh perhitungan profit bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:

ilustrasi
Ilustrasi Perhitungan Profit

 

Penutup

Itulah sedikit gambaran contoh perhitungan omset pada usaha kecil berserta cara perhitungan profit. Bagi pelaku usaha, pengukuran nilai omset dan profit yang didapatkan secara berkala dapat menjadi tolok ukur perkembangan usaha. Perhitungan omset berguna untuk mengukur keberhasilan penjualan sedangkan profit mengukur keberlangsungan hidup usaha dalam jangka panjang. Semoga membantu!

    Share Artikel Ini :

Tinggalkan Komentar