Jelajahi Perjalan Budaya Di Desa Wisata Penglipuran Bali

sekolahumkm.id – Jika berbicara tentang liburan. Pasti yang terlintas di dalam pikiran kita adalah Bali. Bali merupakan destinasi wisata terkenal di Indonesia yang memiliki pemandangan alam menakjubkan. Jika kamu hendak berlibur ke bali maka kamu wajib kunjungi desa wisata Penglipuran.

Pasalnya desa ini merupakan desa wisata yang akan memberikan pengalaman budaya Bali yang sesungguhnya. Ada banyak sekali jenis kegiatan yang bisa kamu lakukan disini. Selain itu akses ke dasa ini juga cukup mudah. Maka dari itu sayang sekali untuk tidak mengunjungi desa ini jika mau hendak ke Bali. Buat kamu yang berminat kunjungi desa ini. Yuk simak serba serbi dari desa wisata Penglipuran berikut ini.

Fakta Unik Dan Menarik Dari Desa Wisata Penglipuran Bali Yang Mendunia

Fakta Unik Dan Menarik Dari Desa Wisata Penglipuran Bali Yang Mendunia

Bali merupakan daerah yang memang sudah terkenal akan panorama wisatanya. Banyak sekali pantai-pantai di daerah Bali yang sering dijadikan tempat wisata. Saking terkenalnya pariwisata Bali membuat tidak asing untuk kamu menemukan berbagai turis asing di sekitaran Bali.

Jika kamu hendak berlibur ke Bali maka kamu wajib kunjungi Desa bernama Penglipuran. Desa wisata Penglipuran merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Bali. Alasan Desa ini tidak hanya menawarkan keindahan panorama dari Bali. Tapi desa ini juga memberikan pengalaman untuk merasakan keindahan budaya bali yang kental.

Alasan utama Kenapa destinasi wisata Penglipuran ini sangat terkenal adalah keunikan yang dimiliki oleh desa ini. Bentuk dan juga suasana yang ada pada Desa ini tidak akan bisa kamu temui di manapun. Desa ini sendiri sangat mengusung konsep tradisional dan masih menjaga adat budaya Bali yang kental.

Pertama kali kamu memasuki Desa ini kamu akan melihat banyak sekali bambu-bambu tinggi yang melindungi Desa ini. Bambu yang ada di desa ini hampir memenuhi setengah dari wilayah Desa Penglipuran. Inilah yang menjadikan Desa memiliki suasana yang sejuk dan juga damai.

Selain memiliki suasana yang memenangkan dan damai. Desa Penglipuran juga merupakan salah satu desa yang terbersih dunia. Tepatnya pada tahun 2017 Desa Penglipuran memenangkan penghargaan sebagai Desa paling bersih di dunia.

Di Objek Wisata Desa Penglipuran ini tidak ada orang yang mengendarai kendaran bermotor. Tujuannya agar desa terhindar dari polusi. Selain itu juga berkat adanya bambu yang mengelilingi desa. Membuat desa terhindar dari polusi luar.

Ketika berkunjung ke desa ini, kamu pasti tidak akan menemukan sampah. Desa wisata Penglipuran sendiri sudah menyediakan banyak sekali tong sampah sehingga kebersihan dari desa akan selalu terjaga.

Bagaimana sangat menarik bukan desa wisata Penglipuran ini? Dengan suasana asrinya kamu bisa habiskan waktu liburan dengan tenang di desa bahkan sekaligus healing dari pekerjaan yang menumpuk.

Rekomendasi Kegiatan Yang Bisa Kamu Nikmati Di Desa Wisata Penglipuran Foto

Rekomendasi Kegiatan Yang Bisa Kamu Nikmati Di Desa Wisata Penglipuran Foto

Bagaimana? Apakah kamu sekarang sudah berminat untuk mengunjungi Desa Wisata penglipuran? Suasana yang asri dari Desa ini membuat banyak sekali pengunjung yang betah untuk tinggal berlama-lama di desa.

Selain suasana yang asri. Faktor lain yang membuat banyak pengunjung ingin mengunjungi Desa ini adalah karena ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di desa ini.

Kamu merupakan orang yang suka dengan ketenangan maka berlibur di desa ini akan sangat tepat buat kamu. Dibandingkan dengan tempat wisata lain yang ada di Bali tempat ini merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menghilangkan penat dan juga stres.

Karena berbeda dengan desa wisata lainnya, desa wisata Penglipuran lebih fokus kepada pengalaman budaya untuk turis asing. Kamu bisa mengikuti beberapa kegiatan budaya Bali yang ada di desa ini. Kegiatan-kegiatan tersebut tentu saja akan membawa kamu untuk lebih menguatkan kekuatan spiritual dan juga memberikan ketenangan dalam jiwa.

Kegiatan apa saja sih yang biasanya para pengunjung melakukan di desa ini? Jika kamu penasaran kegiatan apa saja yang bisa pengunjung lakukan di desa asri dan juga indah ini. Maka bisa simak pembahasan yang sudah merangkum kali ini ya.

Mengikuti Festival Budaya Desa Wisata Penglipuran

Setiap tahun tepatnya akhir tahun, Desa Penglipuran seringkali mengadakan festival budaya. Pada bulan Desember warga desa akan membuat arak-arakan yang mana akan diisi dengan berbagai pertunjukan. Festival ini juga akan diisi oleh beberapa kegiatan adat Bali untuk menghormati para leluhur.

Kamu bisa mengikuti kegiatan festival ini jika mengunjungi Desa Wisata Penglipura Bali pada bulan Desember. Namun bisanya jumlah pengunjung akan sangat ramai. Karena bertepatan dengan festival dan libur panjang.

Di festival budaya kali ini, ada banyak kegiatan yang bisa kamu saksikan. Seperti misalnya tarian tradisional masyarakat Bali, pameran baju adat Bali dan kegiatan khas dari desa Penglipuran lainnya.

Mengunjungi Makam Pahlawan Yang Ada Di Desa Penglipuran

Di Desa Penglipuran sendiri salah satu tempat yang bisa dikunjungi oleh pengunjung adalah makam pahlawan. Desa ini memiliki lokasi untuk makam pahlawan yang mana yang dikunjungi oleh wisatawan asing.

Dengan mengunjungi Desa ini kamu bisa memahami lebih jauh lagi tentang adat dan budaya. Dan juga lebih mengenal Bagaimana kehidupan sosial masyarakat desa Penglipuran.

Bersepeda Mengelilingi Desa

Rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan selanjutnya di desa wisata Penglipuran adalah bersepeda. Di desa ini karena tidak memperbolehkan adanya kendaraan bermotor maka umumnya warga desa biasanya menggunakan sepeda ataupun berjalan kaki untuk bepergian.

Jika kamu ingin merasakan ketenangan melalui Desa ini, mungkin bersepeda bisa menjadi kegiatan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa berkeliling seluruh desa menggunakan sepeda dan menikmati pemandangan alam yang ada. Dengan suasana yang asri dan juga sangat menyegarkan dari desa ini pastinya akan membuat kamu merasa betah di desa ini.

Apalagi jika kamu ingin memiliki badan yang lebih sehat maka kegiatan ini bisa menjadi solusi. Namun jika kamu merasa bersepeda mengelilingi Desa terlalu melelahkan. Maka admin sarankan berjalan kaki saja jika ingin mengelilingi desa.

Berjalan kaki di desa ini juga sangat seru untuk dilakukan. Apalagi tidak adanya kendaraan di desa ini membuat kamu pastinya akan lebih nyaman lagi saat berjalan kaki. Berjalan kaki ataupun bersepeda di desa asri seperti ini pasti sangat menyenangkan bukan?

Mengamati Ritual Budaya Masyarakat Sekitar Desa

Bali merupakan daerah di Indonesia yang masih kental dengan adat dan budayanya. Maka hal ini pun tidak luput dari adat budaya yang ada di Desa Wisata Penglipuran. Di desa wisata Penglipuran sendiri, kamu pasti akan sering menjumpai warga sekitar yang sedang melakukan ritual keagamaan.

Kamu bisa mengamati hal tersebut ataupun mengikuti kegiatan jika diperbolehkan oleh warga sekitar. Kegiatan keagamaan ini memang rutin dilakukan apalagi jika ada hari besar dalam masyarakat Hindu. Misalnya seperti hari Nyepi di mana masyarakat desa Penglipuran akan mengadakan upacara adat untuk memperingati hari Nyepi.

Wisata Kuliner Desa Penglipuran

Jika berbicara tentang liburan hal utama yang perlu dibahas pastinya adalah kulinernya bukan? Di Bali sendiri ada banyak sekali kuliner-kuliner yang menggugah selera. Hal ini pun tidak luput dari Desa Penglipuran.

Desa Penglipuran sendiri memiliki banyak sekali kuliner khas desa yang bisa kamu cicipi. Kamu akan bisa merasakan makanan khas daerah Bali yang tidak pernah kamu rasakan sebelumnya di tempat lain.

Salah satu makanan wajib yang meski kamu coba ketika liburan di desa ini adalah loloh cemcem. Loloh cemcem adalah minum khas desa Penglipuran yang dari daun bernama cemcem.

Daun ini juga sering disebut sebagai daun kloncong. Banyak warga desa yang sering mengonsumsi minuman ini bagi obat pelancar pencernaan. Minuman ini merupakan obat pelancar pencernaan namun rasanya sangat manis dan juga enak untuk diminum.

Selain minuman ada juga makanan bernama lipat patok. Lipat patok sendiri merupakan makanan yang hampir mirip seperti pecel. Adanya sayuran yang dibumbui dengan bumbu kacang dan ditambah dengan lontong.

Melakukan Camping Disekitar Desa

Kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan jika berkunjung ke tempat ini adalah melakukan camping. Di desa ini pengunjung bisa melalui camping di sekitar desa. Ada banyak turis yang melakukan camping di desa ini. Yang mana biasanya dilakukan di sekitar hutan bambu yang ada di setiap pinggiran desa.

Namun biasanya jika kamu ingin melakukan camping di desa ini kamu harus membawa peralatan kamu sendiri ya. Karena Desa Penglipuran sendiri tidak menyediakan alat-alat untuk melakukan camping.

Kamu tentu saja bagaimana begitu kamu bisa tetap bebas melakukan camping di desa ini. Perlu diingat bahwa kamu harus menjaga kebersihan dari desa. Karena memang Desa Penglipuran sendiri menjaga kebersihan desanya.

Alamat Dan Cara Akses Desa Wisata Penglipuran Bali Objek Wisata Budya

Alamat Dan Cara Akses Desa Wisata Penglipuran Bali Objek Wisata Budaya

Desa Penglipuran yang ada di Bali merupakan desa yang terletak di kabupaten Bengli. Untuk bisa ke desa ini kamu bisa menggunakan mobil ataupun motor. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam setengah dari pusat kota Bali.

Untuk menghadapi memasuki Desa ini kamu perlu membayar tiket masuk. Di mana untuk anak-anak harganya Rp 25.000. Sedangkan untuk orang dewasa tiketnya seharga Rp 35.000. namun jika punya merupakan turis asing maka tiket yang dikenakan untuk dewasa adalah Rp 50.000. Sedangkan untuk anak-anak adalah Rp 30.000.

Jika kamu menggunakan kendaraan maka sebaiknya kamu tidak memasuki kendaraan tersebut ke dalam desa. Hal ini dikarenakan Desa Wisata Penglipura Alamat melarang adanya penggunaan kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan Desa Penglipuran ingin menjaga asrian desa dari polusi.

Kamu bisa menyewa orang saja untuk mengantar kamu ke desa itu. Sehingga kamu tidak perlu meninggalkan kendaraan roda dua di depan gerbang. Jika kamu ingin menginap maka kamu bisa menginap di beberapa homestay yang ada di desa Penglipuran.

Baca Artikel Terkait Lainnya :